Teknisoft | Portal Komunitas Teknologi Informasi dan Pemrograman ©

Teknisoft

Sabtu, 23 September 2017 | User Login : Anonimous Home | Recommend | Free E-Mail | About | Contact Us

Main Menu
Download
Web Links
Buku Tamu
Rubrik
Kirim Artikel
WebMail
About
Contact Us
Lisensi Artikel
Donasi
Rubrik
Pemrograman
Networking
Security dan Virus
Hacking
Internet dan Komputer
Linux dan Open Source
Windows
Aplikasi Server
Mobile & Gadget
Login

Username
Password

Register
Forgot Password
Partner Site

BengkelProgram
Link Exchange
Online Support




VoIP Online

Aplikasi Kendali Perangkat Listrik Menggunakan Parallel Port

Jumat, 11 Agustus 2006 - oleh : Dede Kurniadi

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Aplikasi Kendali Perangkat listrik mengunakan Parallel Port dan Borland Delphi. Project ini sebelumnya sudah dipublish di situs Teknisoft.Net, namun karena situs sudah dirombak habis, baik design maupun kontennya sehingga artikel ini tidak bisa dilihat lagi, namun karena banyak permintaan melalui e-mail saya publish embali disini secara lengkap.

Introduksi
Dewasa ini, komputer atau disebut PC sudah berada hampir di semua Rumah, Gedung atau perkantoran. Kebanyakan komputer lebih sering digunakan untuk keperluan ketik-mengetik, film, musik dan permainan. Padahal komputer juga bisa digunakan untuk keperluan pengontrolan peralatan listrik rumah tangga seperti lampu, kipas angin dan lain-lain dengan memanfaatkan Paralel Port (Port printer) pada komputer tersebut.
Dalam dunia komputer, port adalah satu set instruksi atau perintah sinyal dimana microprocessor atau CPU (Central Processing Unit) menggunakannya untuk memindahkan data dari atau ke piranti lain. Penggunaan umum port adalah untuk berkomunikasi dengan printer, modem, keyboard dan display. Kebanyakan port-port komputer adalah berupa kode digital, di mana tiap-tiap sinyal atau bit adalah berupa kode biner 1 atau 0.
Maka dalam project kali ini, yaitu mencoba memanfaatkan fungsi dari paralel port dengan membuat program aplikasi komputer beserta peralatan yang nantinya dapat digunakan dalam hal pengendalian perangkat listrik. Dalam hal pembuatan program aplikasi tersebut akan dibuat dengan menggunakan Bahasa Pemrograman Delphi dan rangkaian Relay sebagai pengatur arus daya tinggi. Adapun untuk implementasinya nanti bisa diterapkan pada perangkat listrik yang ada di rumah.

Project ini sebelumnya merupakan proyek tugas akhir saya dulu sewaktu menyelesaikan program Diploma 3, dan masih dibilang sangat sederhana, sengaja saya publish disini, dengan melakukan perubahan seperlunya, meskipun pembahasan tentang pemanfaatan parralel port sudah banyak dibahas di internet.

Adapun yang nanti kita buat adalah pertama kita akan membuat rangkaian pengontrol relay sebagai pengatur arus daya tinggi yang nantinya dihubungkan dengan program aplikasi komputer yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman delphi dan tidak lupa dengan bantuan file Inpout32.dll yang bisa anda download disini.

Diagram Pin Parallel Port

Ada dua macam konektor parallel port, yaitu 36 pin dan 25 pin. Konektor 36 pin dikenal dengan nama Centronics dan konektor 25 pin dikenal dengan DB25. Centronics lebih dahulu ada dan digunakan dari pada konektor DB-25. DB-25 diperkenalkan oleh IBM (bersamaan dengan DB-9, untuk serial port), yang bertujuan untuk menghemat tempat. Karena DB-25 lebih praktis, maka untuk koneksitor parallel port pada komputer sekarang hanya digunakan DB-25.
Di komputer, konektor parallel port yang terpasang adalah DB-25 betina , sehingga kabel penghubung keluar adalah DB-25 jantan. Susunan/bentuk DB-25 tampak seperti gambar :

Dari 25 pin konektor DB-25 tersebut, hanya 17 pin yang digunakan untuk saluran pembawa informasi dan yang berfungsi sebagai ground 8 pin. Ketujuh belas saluran informasi itu terdiri dari tiga bagian, yakni data 8 bit; status 5 bit; dan control 4 bit. Bit control dan status berfungsi dalam “jabat tangan” dalam proses penulisan data ke paralel port. Berikut ini tabel fungsi dari pin konektor DB-25.

Gambar Komunikasi Data Komputer dan Parallel Port

Diagram Blok Rangkaian Pengontrol Relay

Rangkaian relay pengontrol digunakan sebagai komponen kontrol untuk peralatan yang beroperasi dengan tegangan DC atau AC, sehingga memberikan perlindungan bila terjadi kerusakan port pada komputer. Rangkaian ini menggunakan relay magnetic 12 volt. Relay magnetic ini merupakan sebuah kumparan dengan induktansi spesifik yang menyebabkan sebuah kontak atau sambungan untuk membuka atau menutup ketika arus spesifik memuatnya. Sambungan ini akan tetap pada posisinya sampai arus turun yang nantinya dikendalikan oleh program aplikasi komputer yang saya buat.
Transistor 2N2222A menutup dan membuka arus dan dioda Zener 1N4148 serta 1N4002 menjaga kerusakan komputer dan transistor karena kumparan pada relay mempunyai induktansi yang besar ketika arus disumbat sehingga membangkitkan tegangan yang besar.

Rincian Kebutuhan Komponen Pembuatan Relay Untuk 4 Terminal
1 Resistor 1 kilo ohm 12 buah
2 Dioda 1N4148 dan 1 N4002 12 buah
3 Konektor Parallel Port DB-25 1 Pasang
4 Transistor 2N2222A 4 Buah
5 Lampu indikator 3 Volt 8 Buah
6 Relay DC 12 Volt 4 Buah
7 Kabel serabut 30 meter
8 Switch Logam 12 pasang
9 Papan Sirkuit 30x10 cm
10 Transformator AC/DC 1 Buah
11 Larutan logam 100 gram

Sample Gambar Rangkaian Pengontrol Relay Yang Sudah Jadi

Main Program Di Buat Menggunakan Compiler Borland Delphi

Menu Utama Program Aplikasi Sistem Kendali Perangkat Listrik Menggunakan Parallel Port

Sample Gambar Rangkaian Pengontrol Relay Yang Sudah Jadi

 Gambar Rangkaian Pengontrol Relay Tampak Samping

Petunjuk Pengoperasian Program
a. Cara Kerja Program

Cara kerja dari perangkat lunak yang dibuat adalah ketika menjalankan program sistem kendali perangkat listrik secara otomatis program akan mengecek dan memanggil file sistem inpout32.dll pada file sistem program Sistem Kendali Perangkat Listrik yang telah dibuat, setelah proses pemanggilan file sistem berhasil, selanjutnya program akan membaca alamat port data.
b. Program Utama Sistem Kendali Perangkat Listrik
Tampilan program utama seperti tampak pada gambar. Adapun untuk program utama tersebut tediri dari panel kontrol perangkat dan 10 tombol menu :
Dalam pengoperasian program ini yaitu dengan menekan tombol yang diinginkan menggunakan mouse atau dengan menekan kombinasi tombol keyboard (shortcut keyboard).
c. Sub Menu Status Sambungan

Gambar Sub Menu Status Sambungan
Fungsi : Mengetahui status sambungan register port data
Cara Pengoperasian :
Pada saat sub menu status sambungan dijalankan lalu klik tombol proses dengan menggunakan mouse setelah itu tunggu indikator proses sampai menunjukan angka 100 persen. Adapun hasil pembacaannya ditunjukan dengan kondisi OK atau NO sesuai dengan alamat bit dan no pin.
d. Sub Menu Set timer

Gambar Sub Menu Set Timer
Fungsi : Mengatur waktu pengendalian otomatis
Cara Pengoperasian :
Pada sub menu set timer ini terdiri dari tata waktu penyalaan otomatis dan tata waktu mati otomatis, untuk mengoperasikannya yaitu dengan mengisi jam dan menit pada kotak edit perangkat lalu ceklis kotak checkbox setelah itu tekan tombol aktifkan untuk memulai menjalankan timer otomatis, maka pada saat itu program akan mengatur sistem pengendalian perangkat secara otomatis sesuai waktu yang telah ditentukan.
Tekan tombol non-aktif untuk membatalkan operasi pengesetan tata waktu otomatis dan tombol tutup untuk keluar dari sub menu set timer.
e. Tombol Hidupkan Arus
Fungsi : Membangkitan arus listrik ke seluruh perangkat
Cara Pengoperasian :
Untuk menjalankan dengan mengklik tombol hidupkan arus atau dengan menekan kombinasi tombol keyboard Ctrl + O, ketika tombol diklik maka program akan membangkitkan aliran listrik ke seluruh perangkat yang terhubung melalui rangkaian pengontrol relay, yang menyebabkan perangkat dalam kondisi menyala.
f. Tombol Matikan Arus
Fungsi : Memutuskan arus listrik yang mengalir ke seluruh perangkat
Cara Pengoperasian :
Untuk menjalankan dengan mengklik tombol matikan arus atau dengan menekan kombinasi tombol keyboard Ctrl + M, ketika tombol diklik maka program akan memutuskan seluruh aliran listrik ke setiap perangkat yang terhubung, melalui rangkaian pengontrol relay, yang menyebabkan perangkat dalam kondisi mati.
g. Sub Menu Pengaturan
Fungsi : Mengatur informasi setiap perangkat yang terhubung.
Cara Pengoperasian :
Dengan cara mengisikan informasi pada kotak edit untuk masing-masing perangkat, kemudian klik tombol simpan. Sedangkan untuk melihat informasi mengenai perangkat yang terhubung yaitu dengan mengklik tombol buka. Untuk keluar dari sub menu pengaturan klik tombol tutup.

 Gambar Sub Menu Pengaturan Informasi Perangkat
h. Tombol Sembunyikan

Fungsi : Menyembunyikan program utama ke mode system try
Cara Pengoperasian :
Untuk menjalankan dengan mengklik tombol sembunyikan atau dengan menekan kombinasi tombol keyboard Ctrl + H, ketika tombol diklik maka program utama akan menghilang dan berpindah ke mode system try, namun program akan tetap aktif. Fungsi ini lebih baik dijalankan ketika mengaktifkan mode kendali waktu otomatis sehingga program akan terjaga dari penyalahgunaan oleh pengguna lain.

Author & Coding
Dede Kurniadi

Download Daftar Lengkap Program Aplikasi dan Komponen

Keterangan
Jenis
Ukuran
Download
Aplikasi (delphi) Source Code
 1,4 Mb
 Request via EMail
Aplikasi Jadi Install Installer/Binary
 5 Mb
 Download
Artikel Lengkap PDF
 500 Kb
 Request via EMail
Inpout32.dll File Lib
 12 Kb
 Download
Komponen Try Icon Source Pas
 6 Kb
 Download

Catatan : Tolong jika anda mengutif atau dijadikan bahan referensi TA atau skripsi untuk memperhatikan sumber utama dan penulis/pembuat Dede Kurniadi dan alamat website teknisoft sebagai penghargaan terhadap HAKI.

Saya ucapkan terima kasih jika anda menghargai dan terus mendukung untuk berkarya. Jika anda ingin memperoleh source code lengkap melalui e-mail : dede.kurniadi@gmail.com

kirim ke teman | versi cetak

Artikel Pemrograman Lainnya

Logika Samar-Samar (Logika Fuzzy) Bagian 1
Konfigurasi Apache untuk Program WapSite

Komentar Pengunjung

source code
Selasa, 16 Mei 17 - oleh : Wahyu
mas saya tertarik untuk mempelajari ini mas. bisa minta program source code nya ga? saya gunakan sebijaksana mungkin.

email : wahyuhidayat787@gmail.com

m akasih


Source Coding
Kamis, 19 Januari 17 - oleh : Cenik
Mas,,minta tolong kirimin source code dan cara merangkai yang lengkap ya ,,terimakasih sebelumnya


minta artikel lengkap
Sabtu, 24 Desember 16 - oleh : cenik
mat pagi gan,,bisa minta artikel lengkap dari kendali perangkat listrik dengan pararel port nya?? tks sebelumnya


Kosultasi
Selasa, 29 Desember 15 - oleh : Giyo
gan, boleh minta softwere nya gak ya? aku butuh banget program kendali listrik ini. mohon email balik. trimakasih.
Aku bener2 butuh banget sistem kendali listrik ini, mohon bantuannya.


mohon source code
Jumat, 04 Desember 15 - oleh : muji
gan saya sedang ada tugas dengan konsep seperti ini.
saya mohon minta source codenya gan. trima kasih,


1 | 2 | 3 | 4 | 5 | Next » | »»»
Your Name :
Your Email :
Comment's Title :
Comment :
Security Code : Security Code
Type Code :
Pencarian

cari di
Top Download
Video Tutorial Antena Kaleng 2.4 GHz (12822)
Tutorial Antena Kaleng (format PDF) (9719)
Membuat Mail Server Di Windows 2003 (6860)
PCLinuxOS 0.93a MiniME (ISO) (6787)
Source Code SKPL (6161)
File Instalasi SKPL (5808)
Komponen Inpout32 (5029)
Komponen Try Icon (4496)
Setting Dial-Up Internet di Linux Mandriva One 2007 (4299)
Boot Yahoo (3805)
Statistik
Visitors :564259 Org
Hits : 1144781 hits
Month : 532 Users
Today : 48 Users
Online : 2 Users
Banner Pilihan
E-Mail
wapsite
Dukung Situs Ini
Bank BCA
Bank Mandiri
Network : Teknisoft Network | Teknisoft | Travel & Tourism | Kampus SEO | Bumi Asri | Mikrotik Tutorial | Blogger Garut | Phone Cell Arena | IT Knowledge | Master SEO | Online Terus | Garut Online | Chocodot

Copyright © 2005-2008 Teknisoft All Right Reserved
Syndication Feed RSS2.0